12 Sep 2012

Seni Kerajinan Kertas 'Papercraft'


Apa Itu  Papercraft

Papercraft merupakan turunan dari Seni melipat kertas seperti Origami, sedangkan origami adalah proses pemodelan kertas dengan melipat (tanpa memotong dan menggunaka lem) kertas, tetapi dalam pembuatan papercraft ada kegiatan menggunting kertas, menempel kertas dan melipat kertas. Setiap kertas yang telah di guting kemudian di lipat dan di rekatkan menggunakan lem. Papercraft lebih populer di negara eropa dan jepang di bandingkan di Amerika Serikat.

Sejarah Kemunculan Seni Papercraft

Awalnya papercraft ini di cetak di majalah pada abad ke 20 yang di namakan Card modeling. Pernahkah anda membeli majalah kemudian terdapat sebuah gambar atau poster yang mengharuskan anda harus melipat dan menggunting, inilah masa awalnya papercraft. Popularitas papercraft juga di mulai semenjak perang dunia ke II dimana kertas pada saat itu tidak ada batasan dalam produksinya. Pada tahun 1941, Inggris menerbitkan 100 model yang berbeda dan sangat populer termasuk papercraft arsitektur, kapal laut, dan pesawat.

Papercraft Indonesia

Tidak menutup kemungkinan bahwa seni papercraft di Indonesia akan melejit, karena memiliki keasyikan dan menarik dalam sisi bisnisnya. Untuk saat ini, bagi kita yang ingin membuka peluang bisnis yang mengandalkan ilmu multimedia, kita bisa memanfaatkannya di bidang papercraft ini. Lalu apakah kita dapat membuat Papercraft ?
Tentu saja Ya, ada beberapa cara membuat Papercraft tapi intinya membuat Papercraft harus mempunyai rancangan dan daya imajinasi yang bagus agar dapat menwujudkan model yang baik. Salah satu cara membuat Papercraft adalah dengan cara online dari situs Papercritters.com sehingga kita dapat membuat model Papercraft secara sederhana berbentuk kotak dengan mudah.

Software Download Design Papercraft

Lalu kita juga dapat menggunakan program software khusus yang bagi suka design kerajinan kertas papercraft ini, khusus yaitu pepakura designer yang dibuat untuk mendesign pola-pola sesuka kita. Selain itu kita juga dapat menggunakan program – program seperti 3D MAX, google sketchup, pepakura designer, blender, adobe illustrator dan sebagainya. Untuk desain model papercraft yang sudah jadi, kita bisa download dari beberapa situs yang ada di internet misalnya dari www.paper-replika.com.
.

Kegunaan Papercraft : Bisa Jual Design Lucu

Hasil dari pengolahan dan pengetahuan anda dalam kerajinan papercraft tentunya akan menambah banya keuntungan salah satunya adalah bisa menjual design papercraft yang lucu. Selain sebagai hiasan rumah Anda, ternyata papercraft juga bisa untuk meningkatkan kreatifitas anak ataupun Anda sendiri. Selain itu papercraft juga melatih kesabaran serta tingkat kontrol emosi dan melatih tingkat stress Anda.

Semakin sering mengerjakan design papercraft maka semakin kreatif pikiran Anda dan semakin terjaganya kestabilan emosi Anda. Selain itu ada Papercraft yang memodelkan tokoh-tokoh atau karya asli buatan orang Indonesia sendiri, ada juga Papercraft yang sengaja di modelkan secara lucu atau bahkan aneh dan unik yang sengaja di buat agar berbeda dengan bentuk / model yang lain.

Sumber dari Wikipedia, kaskus, inquisitr.com, papercraftonly

Gambar-gambar contoh design hasil cara papercraft yang menakjubkan.....








Description: Seni Kerajinan Kertas Yang DIsebut Papercraft Rating: 4.5

0 komentar:

About Me